Nurul Huda, dan tugas-tugas ospeknya.

Selasa, 02 September 2014

Kesan Pertama di Teknik Informatika Universitas Trunojoyo

Holaa! Ketemu lagi nih! Agak ngosngosan juga ya bikin lima postingan dalam waktu dua hari. Sebenernya udah seminggu yang lalu sih tugas bikin blog ini, tapi baru aku kerjain tadi malem. Maklumlah, orang Indonesia. Sekedar mengeluh aja sih, soalnya kan aku juga blogger personal, dan sejujurnya aku punya target sebulan aku berhasil ngepost lima tulisan, itu aja dua bulan terakhir ini aku keteteran, cuma bisa nulis satu dua. Eh ini tugas ospek yang bikin blog malah dalam waktu demikian singkat, dan lima postingan pula. Alamak! Macam mana pula ini?!

Tapi tak papa lah, kalo ngeluh mulu malah gak selesai-selesai dan bisa-bisa entar aku dihukum sama kakak senior lagi. Hih, amit-amit. *eh, bercanda kak

Di postingan kelima ini, masih sama kayak postingan sebelumnya, yang keempat. Masih sama-sama disuruh bikin postingan bebas asalkan tidak keluar dari ruang lingkup Informatika. Karena dunia informatika itu luas, dan juga enggak terbatas dari tutorial pemrograman atau hal-hal yang membahas software-software atau komputer aja, maka aku akan bikin postingan tentang informatika, tapi dari sudut pandang yang berbeda, yaitu aku pengen bahas kesan pertama aku jadi mahasiswa baru di prodi Teknik Informatika Universitas Trunojoyo.

Hah?

Apa?

Tentu saja ini masih di ruang lingkup Informatika!!

Masa harus yang berbau-bau software atau programming, kan enggak!!

Yaudah langsung aja~

Pertama, tentu aja aku excited banget! Jelas-jelas saja. Apalagi ketika bersileweran kakak-kakak senior dengan rambut awut-awutan, berkaca mata, berjalan menggendong tas yang isinya laptop, atau menenteng tas laptopnya saja, lalu duduk di kantin, wifi-an. Atau ketika ba'da isya aku masuk ke salah satu laboratorium untuk riset mahasiswa, dan di dalamnya aku menemui banyak mahasiswa yang sedang sibuk dengan laptopnya masing-masing, berperang melawan ribuan baris kode-kode program, atau yang sedang berdiskusi tentang project mereka. Ah, itu keren sekali. Sudah lama aku pengin berada di dunia seperti ini.

Yang kedua, aku termotivasi. Apalagi ketika ospek fakultas, saat kami mahasiswa fakultas teknik sedang berada di sebuah ruangan tertutup, duduk rapi, cewek cowok terpisah jarak semeter, dan kami semua sedang mendengarkan dan memerhatikan seorang mahasiswa yang sedang berdiri di atas panggung sana, mahasiswa itu sedang menjelaskan dan menceritakan prestasinya yang melambungkan nama universitas, dia salah satu dari pendiri startup Junior Studio!

'Iya, kami belum pernah sama sekali naik pesawat,' jelasnya sambil cengengesan, 'dan hari itu juga kami enggak bermimpi untuk naik pesawat. Tapi, kabar itu, mengejutkan sekali. Kami, junior studio, setelah mendaftar dan mengikuti berbagai prosedur lomba, akhirnya berhasil tembus sebagai finalis nasional di lomba Imagine Cup 2014, dan akan diseleksi lagi di Jakarta.' Lanjutnya, matanya berbinar-binar.

Dan dalam beberapa detik, ruangan itu dipenuhi suara tepuk tangan yang bergema kemana-mana. Sungguh membanggakan. Apalagi ketika mas-mas itu bilang, kalau hasil akhirnya, mereka mendapatkan juara dua! Mengalahkan kampus-kampus ternama, kampus-kampus yang bahkan mengirimkan lebih dari satu tim. Iya, mereka mengalahkannya! 

Lalu aku juga sangat termotivasi pada penampil setelahnya. Dia adalah pendahulu Junior Studio. Seorang mantan mahasiswa yang sudah lulus tetapi barangkali namanya enggak akan pernah terlupakan di Universitas Trunojoyo. Pemuda jangkung berambut panjang awut-awutan itu pembawaannya tenang, kalem, tetapi setiap kalimat dan presentasi yang disampaikan sukses membuat seisi ruangan menjadi merinding, bulu kuduk memanjang berkali-kali lipat, berdiri. Pemuda itu adalah Mas Galib, pendiri Solite Studio yang udah mewakili Universitas Trunojoyo sekaligus mewakili Indonesia di Imagine Cup 2013 tingkat internasional di Rusia dan mendapat juara dua!

Ahh.. hari itu, aku pengen nangis hehe. Itu kan awesome banget, emosinya kerasa, gimana saat mereka berlomba di Jakarta, pergi kesana membawa dua bis suporter dari Madura. Dan pulang-pulang menjadi juara pertama, meriah, seneng-seneng, tetapi mas Galib dan timnya justeru merasa sedikit khawatir dan enggak percaya karena mereka harus mewakili Indonesia di kejuaraan dunia. Iya, Indonesia.

'Temen-temen, ini masih bukan kemenangan,' cerita mas Galib dengan suara yang terdengar bergetar, 'ini masih sebuah awal, kita masih harus berjuang di Rusia, membawa nama Indonesia.'

'Jangan terlalu larut dalam euforia.' Lanjutnya.

Saat di Rusia, ketika mereka mempresentasikan dan mendemokan game-nya, stand mas Galib dan kawan-kawan adalah salah satu stan paling ramai yang dikunjungi audien! Bahkan beberapa karyawan microsoft (yang mengadakan Imagine Cup) bilang ke tim Solite Studio kalau game mereka akan mendapat gelar paling tidak di tiga besar! Ah, sungguh, mengagumkan sekali. Aku dan seisi ruangan itu berkali-kali bertepuk tangan, menatap sosok pemuda brilian itu dengan takzim.

Apalagi ketika layar lcd itu berubah gambar menjadi sosok-sosok pemuda dengan bendera merah putih yang dikibarkan dan dengan sertifikat besar yang bertuliskan nominal dan juara dua dunia Imagine Cup 2013! Ah, suara tepuk tangan di ruangan itu mungkin tepuk tangan terlama yang pernah aku dengar. Kami semua tersiram rasa bangga.

Dan jelas sekali, diceritakan prestasi-prestasi macam itu, aku bener-bener termotivasi. Aku juga pengen, entah gimana caranya, suatu saat aku juga bisa berdiri di panggung itu. Menceritakan prestasiku, meskipun mungkin bukan di bidang game. Tapi sungguh aku termotivasi, aku ingin membawa nama Universitas Trunojoyo, melambungkannya, membuatnya bangga. Ah, aku berjanji aku akan berjuang! Aku berjanji...

Read More »

Kenapa Aku Pilih Informatika

Oke, aku balik lagi. Ini masih masuk di rentetan tugas ospek yang aku sempet singgung di postingan-postingan sebelumnya. Jadi tugas bikin blog ini ada ketentuannya, antara lain; harus diisi 5 postingan yang tiga di antaranya sudah ditentukan oleh panitia, dan dua sisanya bebas, asalkan tidak keluar dari ruang lingkup Informatika.

Aku sudah bikin yang tiga, dan sekarang tinggal yang keempat dan yang kelima. Sebenernya bingung juga sih mau posting apaan, nanya temen-temen kebanyakan mereka copas. Sedangkan aku, sebagai (aduh) (ehm) personal blogger, anti banget sama copy paste. Jadi, di postingan ini aku pengen bahas ini aja, kenapa aku pilih prodi Teknik Informatika di Universitas Trunojoyo Madura.

Langsung aja.

  1. Ini soal passion.
  2. Sudah jelas, ini passion aku. Aku dari dulu (sejak masuk ke SMK) begitu kenal dunio programming, excited banget. Dan meskipun sering frustasi pas lagi coding gara-gara I think i have written out the correct code from a great algorithm but i still get some errors. Nah, tapi rasanya tetep bahagia banget pas coding.. ehehe..

  3. Pengen jadi programmer.
  4. Sejak SMP, aku udah pengen jadi programmer, meskipun waktu itu aku belum tahu programmer itu ngapain, dan harus belajar apa aja. Tapi begitu aku tahu, aku makin terobsesi untuk jadi seorang programmer.

  5. Pengen memperdalam ilmu di bidang programming.
  6. Oke, jelas sekali dengan masuk Teknik Informatika, aku pengen memperdalam ilmuku di bidang programming, pengen mengasah pisau tumpul ini biar tajam dan mahal. Aku semasa SMA sempet bikin dua game java, jelek sih, jadi harapannya begitu masuk di Teknik Informatika, aku bisa belajar lagi.. Tapi aku sedih soalnya ternyata aku ketemu java lagi, padahal setahun kebelakang ini sedang tertarik-tertariknya sama php, hehe..

    Ohiya, aku mau promosi boleh ya wkwk.. game j2me pertamaku, lihat di sini. Dan game keduaku, lihat di sini.. makasih ya kak kalau udah mau lihat. Aku songong banget gitu ya kayaknya, tapi beneran aku gak bisa apa-apa..

  7. Pengen kenal sama temen-temen seprofesi atau se-passion.
  8. Ketika kita mengenal seseorang yang menyukai hal yang sama, berwawasan yang sama, dan mempunyai cita-cita yang enggak jauh beda, tentu saja rasanya menyenangkan. Meskipun perbedaan itu indah, tetep aja punya temen yang seprofesi atau sepassion di kondisi-kondisi tertentu bisa jauh lebih indah. Dan aku, dengan masuk di Teknik Informatika, tentu saja juga pengen mengenal mereka-mereka yang sepassion sama aku. Sama kakak-kakak senior yang berprestasi, bahkan kalo beruntung, aku pengen bisa kenal sama Mas Galib hehe.. udah sih.

  9. Karena ada Mas Galib dan Solite Studio-nya dari Universitas Trunojoyo yang udah bawa Indonesia juara dua dunia di ajang Imagine Cup 2013.
  10. Nah. Kalo yang ini, jujur.. begitu aku baca berita seputar poin kelima ini di internet, aku langsung pengen banget masuk di Universitas Trunojoyo prodi Teknik Informatika. Dan sekarang aku di sini, hehe, semoga bisa survive dan cepet lulus deh.. aamiin..
Udah ah, kayaknya itu aja. Soalnya masih harus bikin satu postingan lagi.. aduh, bahas apa ya enaknya...

Yaudah tunggu aja, see you next challenge!
Read More »

Kesan-Kesan Booting and Memory 2014

'Aduh..' desahku, 'ayodong pak ketua, ini sudah malem, itu diurus besok saja.'

Langit malam kota Bangkalan bagian ujung paling barat cerah, bintang-gemintang berkelap-kelip macam pemuda yang sedang menggoda gadis desa, menawan. Bulan sabit berbentuk celurit juga berdiri sendirian di sisi langit lainnya. Malam itu aku masih ada di kampus, sedang melakukan kerja kelompok untuk memenuhi tugas-tugas ospek esok harinya. Hey, hari itu sudah malam!

'Iya, sebentar.. saya juga bingung ini. Kamu bantu bikin papan nama kelompok sana, aku mau ngurus form tanda tangan.' Jawab Pak Ketua.

'Terus konsumsinya,' lanjutku, 'gimana? Sudah?'

'Konsumsinya belum, ntar aja. Kamu urus papan nama kelompok dulu.' Jawab Pak Ketua.

Dan begitulah gambarannya, malam pertama Booting and Memory, aku dan kelompokku susah sekali untuk bisa kompak. Bisa sih, tapi setelah berlama-lama membuang waktu untuk pekerjaan yang tak berguna. Akhirnya banyak waktu yang terbuang dan malam terpaksa menjadi larut. Langit makin gelap suram, bintang gemintan makin bersinar tapi terkadang tertutup awan, menghilang.

'Eh udah yang form tanda tangan itu gak usah dikerjakan,' usulku, 'mending kita kerjain id card aja, ini sudah malem, besok kalau gak bawa id card urusannya bisa gawat.'

Tetapi tetap saja, susah mengkoordinirnya, aku pun rasa-rasanya dari tadi hanya mengeluh tanpa melakukan apa-apa. Membuat runyam suasana. Dan memang bisa ditebak, keesokan harinya, kami semua dihukum.

'Buah gak bawa, penugasan yang lain juga belum lengkap,' bentak kakak panitia ospek pagi itu, 'MANA KETUA KELOMPOKNYA!'

Kami semua satu kelompok maju kedepan, berbaris membentuk satu shaf, dan dari ujung sebelah kanan, Pak Ketua maju selangkah, mengangkat tangannya.

'KAMU YA KETUANYA?' Bentak si Kakak.

'Iya, kak.'

'Kenapa penugasan kamu belum lengkap?! Hah?' Tanya kakak itu lagi, 'JAWAAAB!!'

Dan dengan suara yang hampir tak terdengar, dan buah jakun yang naik turun, Pak Ketua berusaha menjelaskan.

***

Yap, seperti itu lah kira-kira bagaimana Booting and Memory 2014 berlangsung, di hari pertama agak susah mengompakkan kelompok. Tetapi di hari kedua semua berjalan lancar, bahkan keesokannya kami enggak kena hukuman. Semua kegiatan yang disertai bentakan-bentakan kakak-kakak panitia membuat kami semua jadi tahu arti kekeluargaan, arti keberanian yang muncul bersama kebenaran. Semua itu kami dapat dari ospek Booting and Memory 2014.

Karena di postingan ini aku ditugaskan untuk menulis kesan-kesan aku selama Booting and Memory, maka aku akan jawab: Ospeknya keren banget! Tugas-tugasnya menantang, panitianya professional, dan juga pesertanya, aku jadi lebih cepat mengenal mereka-mereka yang sejurusan tapi enggak sekelas.

Dan juga nilai tambah untuk panitia pelaksana, karena, aku sungguh excited sekali dengan tugas-tugasnya. Mulai dari bikin blog ini, terus disuruh bikin program java sederhana, mecahin kode yang sudah dienkripsi untuk mengetahui penugasan tiap kelompok, juga tugas untuk bikin video tentang kelompok dalam waktu yang mengerikan. Kerenlah pokoknya, sebagai anak Informatika, ini sungguh awal yang baik, semacam penetrasi sebelum memasuki tugas-tugas dari dosen yang mungkin akan lebih kejam.

Yaudah sih, gitu aja, kak.. hehe..

See you next challenge!
Read More »

Senin, 01 September 2014

Coding and Running

Hai lagi!


Di ospek Booting and Memory tahun ini, aku dapet banyak sekali tugas yang nyebelin, tapi untungnya ini Teknik Informatika, jadi untuk beberapa tugasnya sangat menyenangkan! Buat aku sih tapi, kalo yang lain enggak tahu, tapi kayaknya temen-temen juga sama senengnya. Hehe.

Jadi kemarin, salah satu tugasnya adalah membuat program, dikasih waktu tiga hari. Dan harus didemoin ke LO kelompok masing-masing. Semacam ke kakak pendamping gitu dah.. dan ternyata, di tugas membuat blog ini, diharuskan untuk memposting coding and running yang udah aku buat. Aku juga bingung sih mau posting gimana, tapi yaudah deh karena waktunya mepet banget, aku jelasin dikit-dikit gimana program sederhanaku berjalan.

Judul : Kalkulator Luas Permukaan Kubus
Penulis kode (ciyeh): Nurul Huda
Nim: 140411100069

Aku kasih screenshotnya aja ya..

Jadi aku ngerjainnya pake Eclipse, abis aku kan pake linux, dan netbeans di linux, setahuku (dulu pernah nyoba), enggak stabil. Stabil sih, cuma aku lebih nyaman pake eclipse. Tapi kan itu cuma IDE, peraturannya kan harus pake bahasa Java. Dan ini java, jadi ga masalah, LO-ku juga ngebolehin, hehe.

Begitu program dijalankan, program akan menampilkan sebuah pesan, dan tiga buah menu. Masing-masing menu bisa dilihat pada gambar di bawah.

Program akan menunggu hingga user menginputkan pilihan menu,  dan ketika sudah, akan langsung dieksekusi sesuai menu yang dipilih.


Iya, ini cuma sederhana doang. Jangan berharap program yang aku bikin ini jenis-jenis GUI ya.. haha, CLI aja gapap, text aja yang penting jalan.

Jika kita memilih menu nomer 1, maka..

Program akan menghitung permukaan kubus dengan panjang rusuk sebagai variabel yang harus diketahui. Jadi, program akan meminta user menginputkan panjang rusuk.

Karena screenshot di atas itu gambarnya gak meyakinkan, seolah-oleh teksnya diketik tangan, maka khusus di screenshot ini aku tampilin full aja. Tapi screenshot yang lain tetep aku potong ya, biar uploadnya cepet :D

Kalo gak jelas diklik aja, terus zoom. Semoga enggak pecah-pecah.
Begitu user telah memasukkan input panjang rusuk, program akan menampilkan hasilnya berapa, setelah itu kembali menampilkan 3 menu utama tadi.. Agak ribet juga liatnya, tapi kan yang penting work.

Nih,


Nah, gitu aja deh. Untuk menu nomor dua sama nomor tiga, kurang lebih sama. See you next challenges!!


Read More »

Booting and Memory 2014

Hai! Finally setelah lama banget enggak nulis dan mosting apa-apa, aku kembali mosting sesuatu.. tapi di blog yang berbeda. Hiks, sedih banget kan, rasanya nista sekali setelah sekitar sebulan ninggalin blog tercinta eh tiba-tiba kembali ngeblog di blog yang berbeda. Ah, abisnya ini tugas sih. Gapapa ya.. guys.. btw kalo ada pembaca blogku yang nyasar kesini, aku enggak ganti blog, kok, masih yang itu. Yang www.hudasanca.com, ini cuma tugas ospek doang, entar juga aku bakal kabar-kabar. Hehe..

Yaudah, langsung aja.

Aku mau jelasin apa itu Booting and Memory.

Jadi, menurut bahasa yang aku reka-reka, Booting itu proses menghidupkan komputer, sedangkan memory, artinya bisa sebuah kenangan, atau kalau kalian nanya di toko komputer, memory adalah hardware yang berupa kepingan warna ijo-ijo dengan jalur-jalur warna kuning yang berfungsi sebagai penyimpanan data sementara di komputer, laptop, atau bahkan smartphone (cuma yang smartphone aku gak tau bentuknya gimana).

Tapi karena aku lagi ospek jurusan dan nama ospeknya Booting and Memory 2014, mungkin aku perlu jelasin Booting and Memory versi yang ini, bukan dari segi bahasa yang aku reka-reka.

Sejak sekitar seminggu yang lalu, setelah agenda ospek fakultas selesai, aku dan temen-temen seangkatan di prodi Informatika Universitas Trunojoyo Madura dilemparkan ke jurusan kami, dan kami masih harus diospek lagi di sana. Dan nama ospeknya adalah, Booting and Memory.

Dari dulu-dulu ternyata namanya udah Booting and Memory, gak tau juga kenapa. Mungkin karena kami anak-anak Teknik Informatika, kalo anak mesin, mungkin namanya Starter and Fuel Injection kali ya.. jadi intinya di Booting and Memory, kami semua menjalani proses pengenalan jurusan, pengenalan prosedur-prosedur yang lebih khusus. Dan juga, dibentak-bentak sama kakak panitia, dikasih tugas bejibun, termasuk bikin blog ini dan segala tetek bengeknya.

Udah jelas, kan?

Kalo udah, entar akan ada postingan tentang kesan-kesan aku selama ikut Booting and Memory (yang belum selesai) ini kok.. tungguin aja, di blog yang ini juga. Byeee..
Read More »